[TIPS] Memilih Kamera


Saya sering mendapat pertanyaan dari teman-teman yang ingin membeli kamera “Kira-kira kamera untuk pemula itu apa ya?” atau mungkin beberapa orang meminta masukan tentang membeli kamera yang bagus itu yang bagaimana.

Jujur, sebenarnya saya enggak terlalu expert masalah memilih kamera yang bagus itu seperti apa, tapi satu hal yang saya tahu itu adalah “Tidak ada kamera untuk pemula atau profesional, yang ada itu kamera yang harganya murah atau mahal.”

Kata bang Arbain Rambey, jika ada kamera untuk pemula, umur kameranya pun mungkin tak akan terlalu lama.

Jadi postingan kali ini mau kasih sedikit tips tentang memilih kamera berdasarkan pendapat pribadi dan dari beberapa expert:

Pertama, kita harus tahu dulu alasan kita membeli kamera untuk apa? sekedar untuk memotret, untuk menjadikan profesi serius atau sekedar ikut-ikutan. Untuk serius bolehlah kita memutuskan untuk membeli DSLR. Jika untuk sekedar memotret mungkin bisa dengan membeli kamera digital yang mungkin mudah dibawa. Tapi zaman sekarang sudah semakin maju dan kamera setara kualitas DSLR pun bentuknya lebih kecil dan mudah dibawa. Kembali lagi pada orangnya sih.

Kedua, sesuaikan dengan budget yang kita punya. Jangan memaksakan buat pinjem duit orang ya. hehe..😀

Ketiga, pertanyaan yang juga sering saya dapetin adalah tentang Merek. “Bagus Canon, Nikon, atau apa?”. Menurut saya semuanya bagus. Ada kelebihan dan kekurangan, ada fitur-fiturnya masing-masing. Kalau saya sih menyarankan membeli merek dengan asesoris yang mudah di dapat alias yang banyak jualannya. Jika ingin mudah, lihat teman-teman anda yang punya kamera. Jika mereka banyak menggunakan Canon, cobalah untuk menyamakan agar anda lebih bisa belajar dengan mudah memahami segala fiturnya. Lagi-lagi balik ke selera dan budget ya. Inget jangan minjem duit orang, kalo minjem, balikin ya.😀

Keempat, Carilah di internet terlebih dahulu tentang tipe-tipe kamera yang akan dibeli. Dengan mencari informasi kamera akan memudahkan kita dalam membeli kamera.

Kelima, Jika anda harus membeli kamera second, atau sudah pernah dipakai. Banyak yang harus anda teliti sebelum membeli. Seberapa lama kamera sudah dipakai, berapa Shuttercount (berapa banyak gambar yang sudah di ambil) dll. Jangan asal deal, lebih baik bertemu dengan sang penjual dan mengecek kamera langsung (ajak teman yang mengerti). Kalau bisa beli baru ya, biar enggak ribet.😀

Mungkin segitu tips yang bisa saya kasih, kalo saja ada pertanyaan bisa bertanya di kolom komentar (sok expert) hahaha. Oiya, ada satu lagi dalam memilih kamera, ukuran berapa megapixel suatu kamera tidak menentukan seberapa bagus kamera tersebut, megapixel hanya untuk mengukur seberapa besar hasil foto bisa dicetak.😀

Terima kasih😀

36 thoughts on “[TIPS] Memilih Kamera

  1. Nah! Setuju nih sama postingannya. Aku punya Canon, Nikon, sama Fujifilm. Paling suka make yang Nikon sih. Udah klop duluan sama cara settingnya. Hahaha. Tapi kalo Canon kayaknya yang paling banyak dipake kalangan anak muda ya. Kayaknya sih yaaa..

  2. Jadi makin semangat menabung; tapi mari menggunakan DSLR yang sudah ada dulu :hehe. Saya pernah dengar dari teman kalau kamera terbaik adalah kamera yang kita miliki saat ini, soalnya kamera yang kita milikilah yang bisa kita eksplorasi setiap saat :haha.

  3. Oh, jadi gitu, kira’in megapixel itu yang mempengaruhi bagus enggaknya hasil jepretan, kebetulan lagi mau nyari kamera, cuma buat foto2 aja kalo lagi bepergian bukan buat profesi sih, tau ngga kisaran harga kamera DSLR, berapa ya?

Mari Berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s