Festival Gerhana Matahari Total

IMG-20160116-WA0006

Apa sih yang ada di benak kalian jika mendengar gerhana matahari? Dulu sempet berpikir bahwa gerhana matahari akan membuat isi bumi menjadi semakin panas dan matahari akan menjadi semakin besar seperti bola semangat songoku, Sebelum akhirnya mendapatkan pelajaran itu dari guru sekolah. Lalu waktu SMA dapet pacar yang namanya Gerhana (lah..curhat) lupakan bagian ini. :D

Menurut sumber yang di ambil dari Google, Gerhana Matahari Total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Selain itu ada juga gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan juga gerhana matahari hibrida.

Dalam waktu dekat ini Gerhana Matahari Total akan terjadi lagi, dan Indonesia akan menjadi satu-satunya negara yang dilintasi GMT. Tiga pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi akan dilintasi jalur gerhana total pada tanggal 9 Maret 2016. Kota-kota besar di Indonesia yang akan kebagian Gerhana Matahari Total ini adalah Bengkulu, Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Tanjung Pandan, Palu dan Ternate

Palembang?? Iya PALEMBANG!!

IMG-20160117-WA0002

IMG-20160117-WA0003

Sebagai salah satu manusia yang lahir di Palembang dan bangga terhadap kotanya, saya bersemangat untuk menyaksikan ataupun turut menyukseskan festival ini dengan memberikan informasinya. Lalu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan telah menyiapkan tempat khusus bagi masyarakat yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari total ini. Lokasi nya adalah Jembatan Ampera dan Lantai paling atas dari Hotel Aryaduta Palembang. Pada tanggal tersebut Jembatan Ampera akan ditutup sementara selama fenomena GMT berlangsung.

IMG-20160117-WA0004

Bagaimana dengan durasi berlangsungnya Gerhana Matahari Total?

Di Palembang Durasi Gerhana Total diperkirakan selama 1 menit 50 detik.
Matahari terbit : 6:10 AM
C1: 6:20:29 AM Ketinggian Matahari +2.5º
C2: 07:20:48 AM Ketinggian Matahari +17.5º
Puncak Gerhana: 07:21:43 AM Ketinggian Matahari +17.7º
C3: 07:22:38 AM Ketinggian Matahari +18.0º
C4: 08:31:25 AM Ketinggian Matahari +35.1º

53a0e2e0-0bed-48a2-a815-956b7412de18

Kita tahu bahwa kita tak bisa melihat gerhana matahari dengan mata telanjang, karena melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari Matahari), bahkan hanya dalam beberapa detik, dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata karena radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan. Perlu kacamata dengan filter khusus untuk melihatnya. Begitu juga ketika memotret, kamera juga butuh filter khusus untuk memotret gerhana matahari tersebut, jika tidak sensor kamera akan mengalami kerusakan.

NB for Photographer  : Kamera memerlukan Filter ND 400 (tingkat tinggi), bagi yang tidak punya, bisa juga  menyiasati dengan kaca dan dilapisi riben mobil 60 % (ketebalan kaca saya lupa) dan pastinya perlu lensa tele dengan rentang antara 400-600 agar lebih wah.

IMG-20160117-WA0001

Jadi, siapkan diri kamu yang ingin melihat Gerhana Matahari Total yang jarang terjadi ini.

Palembang menanti kalian!!!

Malam Puisi Palembang ke-23

Hai..hai para pecinta sastra khususnya puisi, udah lama banget enggak posting kegiatan ini. Sempet vakum ngadain agenda bulanan, bukan berarti Malam Puisi Palembang hilang, Malam Puisi Palembang disibukkan dengan menghadiri undangan teman-teman komunitas untuk tampil mengisi acara mereka. Kita juga sempat mengadakan lomba baca puisi yang alhamdulilah berjalan dengan sukses. dan Malam Minggu yang lalu tanggal 30 Januari 2016, Malam Puisi Palembang kembali ngadain acara bulanan yang bertajuk “POETRYGRAPH”.
IMG-20160126-WA0000

Acara yang di adain di Gowes Cafe berjalan dengan lancar, bahkan ramai oleh pengunjung yang mungkin sudah sangat rindu dengan Malam Puisi Palembang. Pembacaan Puisi, musikaliasi puisi bahkan akustik musik juga ditampilkan pada malam tersebut.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Alhamdulilah kegiatan Malam Puisi Palembang pada malam itu lagi-lagi bisa masuk di salah satu media massa di kota palembang. Hal itu membuktikan bahwa Malam Puisi Palembang selalu ingin melestarikan dan menggiatkan puisi di kota Palembang.

IMG-20160202-WA0001

Terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan Malam Puisi Palembang ke-23.

See you next month.. :D

This slideshow requires JavaScript.

Doa untuk Mereka

Wih… bulan Februari nih. Tanggal 1, hari senin dan Gajian… :D

Apa kabar Januari kalian? berkesan? ada apa aja?

Bagi saya sendiri, meski banyak beberapa kesulitan dan problem yang terjadi, alhamdulilah Januari kemarin masih bisa ngerayain pertambahan usia lagi. :D

Februari ini bakal lebih enggak kerasa, karena jumlah harinya yang lebih sedikit. Namun beruntunglah orang-orang yang punya kelahiran tanggal 29, tahun ini bulan februari berhasil sampe ke tanggal tersebut. Hihihi…

Hari pertama di bulan Februari, saya ingin mendoakan kakak saya lewat kata-kata. Beliau hari ini berulang tahun yang ke 28. Yeayyy!! Belom sempet ngucapin langsung, karena pagi tadi beliau udah enggak ada dirumah. :D.

Saya berharap kakak selalu dimudahkan hidupnya, dilapangkan rezekinya, diberkahkan usianya. Menjadi bagian keluarga yang luar biasa. Diberikan kesehatan, diberikan kekuatan.

Ah, bakal banyak doa dan harapan untuk beliau. Yang pasti yang terbaiklah untuk kakak sendiri.

Adakah yang merayakan hari lahirnya hari ini? Kalopun ada, doa yang baik untuk kalian ya. :D Semoga apa yang kalian semua inginkan dan harapkan dapat segera terwujud.

Aminnnn.. :D

[Puisi] Kehilangan Tanpa Aba-aba, Tiba-tiba

Aku rindu pada beberapa ingatan, saat aku menatap matamu yang selalu ingin menjauh. Atau kita sadar semuanya tak lagi saling berbagi cerita di kedua mata.

Sayu suaramu mengalun diantara keramaian yang ku hiraukan,

Menebar jarak.

Bahkan sepertinya kita seperti tak ingin tahu jika berada dalam satu ruang.

Kehilangan tanpa aba-aba yang tiba tiba.

Saat itu pilu.

Engkau seakan kuat, atau bepura-pura.

Menyelipkan senyum yang kutahu itu tak baik-baik saja.

Aku rindu pada beberapa kesempatan saat kuingat keping-keping canda yang kulemparkan dan kau tersenyum.

Wajahmu terlintas di lalu lalang manusia yang tak kukenal.

Dan menghilang.

Benar benar menghilang.

Hingga kini, tak kembali.

2016!!

Ini hari kedua di tahun yang baru, yap 2016 nih. Gak apa lah ya telat satu hari. Hehe..

Gimana malam tahun barunya? asik?

atau sendirian di kamar? Hehe..

Banyak ninggalin cerita di 2015, pastinya banyak pembelajaran dan pastinya juga udah nyiapin rencana-rencana  di tahun yang baru ini, mungkin rencana yang baru atau yang lama tapi belum terealisasikan.

Saya sendiri di tahun ini, selain segera menamatkan program profesional desain animasi dan semoga bisa dapet beasiswa, saya ingin mulai menulis buku lagi.

Menikah? masih dalam tahap perencanaan sih, kalo ditakdirkan tahun ini alhamdulilah. Haahaha..

Gimana dengan kalian? banyak rencana di tahun ini??

 

[Puisi] Kosong

Lelaki itu telah pergi jauh, airmata tak lagi sudi jatuh.

Tak ada perbincangan tentang pagi, ataupun langkah kaki di depan pintu rumah.

Maka menangislah engkau, saat sesalmu telah menjadi mimpi buruk.

Memeluk diri sendiri yang kaku.

Mengorek waktu yang tak kembali.

 

14 Desember 2015