Review Novel Flip-Flop – Rido Arbain dan Ratna Rara


Mencari bacaan yang anti mainstream emang susah, dan novel ini mungkin akan menjadi solusi dari banyaknya Novel yang ceritanya mudah ditebak. Novel Flip-Flop terbitan Elex Media.

front coverJudul : Flip-Flop
Penulis : Rido Arbain & Ratna Rara
Penerbit : Elex Media
Tebal : 213 hlm
Terbit : Juni 2015

Dia bahkan belum selangkah pun keluar dari kota ini, tapi rinduku terlalu bandel untuk diberi tahu.
Perubahan yang cepat membuat kita kalah. Jarak yang lebar membuat kita jengah. Aku tak lagi yakin, kita adalah aku dan kamu. Tapi, aku, kamu, jarak, juga dia.
Kenapa kamu menyerah?

***

Novel Flip-Flop berceritakan tentang kisah seorang anak SMA, Lelaki tambun bernama Bobby yang menyukai perempuan cantik bernama Anggun. Dengan segala perjuangannya untuk menjadikan Anggun sebagai pacar. Hingga kisah LDR mereka setelah lulus dari SMA dan memutuskan untuk kuliah di kota yang berbeda. Kisah LDR yang memaksa Anggun mendapatkan kenyamanan dari teman semasa SMA nya bernama Steven. Lalu berdampak pada hubungannya dengan Bobby.

Ini novel duet dan perdana dari Rido Arbain dan Ratna Rara. LDR mungkin tema yang sudah bisa terlihat dari covernya yang kece menurut saya. Cerita yang disajikan sederhana, namun menarik untuk terus dibaca. Humor yang disajikan enggak kaku dan mengundang senyum bahkan tertawa. Ringan tapi mengena. Sesuai label novelnya “Teen Spirit”, novel ini emang enggak berisi galau-galauan mainstream tapi motivasi bagi orang orang LDR. Sempet dibuat bingung di awal dengan 2 sudut pandang dan cerita lampaunya. Buku ini cocok banget buat pasangan pasangan LDR. Bagi saya yang pernah mengalamin LDR novel ini seperti mengetuk hati saya dan membuat melow. Perlu dicatat novel ini enggak menawarkan itu secara cerita namun perasaan orang orang korban LDR yang membacanya.

Bagian dari novel ini yang saya sukai ada bagian cerita Bobby bersama adiknya Dona yang mengundang tawa. Seperti yg saya bilang tentang motivasi motivasi masa remaja, ada beberapa kalimat yang saya rangkum sebagai best quote:

1. distance isn’t that far when you’re already know who your home is. He isn’t that far.” (hal. 32)
2. Jodoh itu jangan dikejar, biar enggak capek. Jangan juga ditunggu, biar enggak bosan. Jodoh yang baik itu kalau keduanya sama-sama saling mencari, biar suatu saat bisa saling menemukan. (Hal. 38)
3. Bukan soal siapa yang paling lama, siapa yang paling akrab, siapa yang paling perhatian. Tapi soal siapa yang datang dan enggak pergi. (Hal.149)

Jadi saya kasih 4 dari 5 bintang buat novel duet ini. Selamat Rido dan Rara.

17 thoughts on “Review Novel Flip-Flop – Rido Arbain dan Ratna Rara

Mari Berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s