It’s Not Easy


Surat Kesepuluh, hari ke-13

 

Hari ini nulis surat lagi, dan tepat dengan surat spesial.

Semalem habis nyelesain bukunya Raditnya Dika yang ketujuh berjudul Koala Kumal, yang mana reviewnya bakal segera di posting disini.

Dan salah satu bab nya yang menjadi inspirasi surat hari ini yang bertemakan “Surat untuk orang-orang yang membutuhkan dukungan“.

Salah satu bab di buku Koala Kumal adalah Aku Ketemu Orang Lain. Bab itu menceritakan tentang LDR. Jadi surat kali ini adalah sebuah dukungan untuk para pejuang LDR, Long Distance Relationship, atau pacaran jarak jauh.

Mungkin enggak mudah ngejalanin nya. Harus sekuat hati dan tenaga. Jarang ketemu, harus pinter-pinter komunikasi, jaga hati dan lain-lain. Kadang suka berantem ataupun enggak sama sekali alias monoton. Saling menjaga apa yang telah di perjuangkan, saling mengerti dan banyak lagi. Banyak yang berhasil namun banyak juga yang gagal dengan alasan apapun. Bosenlah, capeklah, atau menemukan orang lain seperti tulisan Bang Radit. Yang punya komitmen tinggi yang bisa melaluinya dengan baik.

Kalian-kalian yang menjalani LDR (termasuk saya sendiri :D) merupakan gaya pacaran yang mahal. Ketemu harus mengeluarkan duit banyak. Ketika ketemu, harus memanfaatkan waktu. 1 detikpun sangat-sangat berharga.

Bagi saya sendiri yang pernah mengalamin kegagalan, banyak belajar dari hal itu. Memang berat atau bisa dibilang sangat-sangat berat. Namun ternyata, jarak hanyalah hitungan beberapa kilometer. Ketika kita sama-sama punya tujuan yang baik, komunikasi untuk selalu saling mengenal, mungkin jarak hanyalah sebagai mata yang tak saling bertatap dengan nyata, tangan yang tak saling bergandengan untuk sementara, tapi hati selalu bisa menyentuh dan memeluk keindahan.

Ketika semuanya benar-benar tak bisa dipaksakan, jangan dipaksakan. Ada beberapa hal yang seharusnya dilepaskan dengan sebaik-baiknya.

Bersabarlah pejuang LDR, kalian luar biasa.🙂

Ditulis untuk Hari Surat Spesial #30HariMEnulisSuratCinta – I Stand by You

14 thoughts on “It’s Not Easy

Mari Berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s