Kalian Telah Lebih Dulu Mati


Surat ketujuh, hari ke-7

Kita tak akan pernah tahu berapa banyak orang yang menyenangi diri kita karena fisik ataupun sifat atau perilaku. Tak Banyak juga dari mereka yang membenci kita.

Terkadang bukan kita yang menilai bagaimana perilaku yang kita lakukan pada orang lain, melainkan orang lain itu sendiri. Apakah sudah benar atau masih saja terlihat salah.

Bahkan terkadang ada beberapa kesempatan yang justru benar-benar tak memihak diri kita sendiri. Ketika kita merasa sudah benar-benar memperlihatkan perilaku yang baik, menyenangkan kepada orang lain dengan tulus, masih ada saja yang menggangapnya tak benar dan membenci diri kita. Lalu menganggap apa yang telah kita lakukan adalah kesalahan besar di mata mereka.

Mungkin saja, karena terkadang kita tak tahu mengapa. Atau terkadang memang ada beberapa orang yang tak pernah sadar diri akan sikapnya sendiri.

Menyakitkan bagi kita dan merugilah bagi mereka yang hanya bisa mengetahui dari satu sisi.

Kepada engaku, kalian atau mereka yang menanamkan rasa benci dari ketidaktahuan. Aku, kita, atau juga mereka yang kalian benci tanpa sesuatu yang pasti,

tetap kuat, tetap bahagia dengan senyum yang tak pura-pura. Karena ini bukan tentang materi, tapi tentang kenyamanan yang telah kalian hapuskan secara sendiri.

Kepada mereka yang punya banyak kebencian, kalian telah lebih dulu mati.

ditulis untuk #30HariMenulisSuratCinta

16 thoughts on “Kalian Telah Lebih Dulu Mati

  1. Mencari satu teman itu sangat susah, tapi mencari seribu musuh itu sangat mudah :hehe
    Kita hidup tidak mencari musuh. Tapi kalau ada yang tidak suka, maka biarkanlah, itu hak mereka. Yang penting kita tahu berbuat baik di jalan yang lurus, maka jalanilah.
    Surat yang bagus dan menguatkan hati.

  2. bukan tugas kita menyenangkan hati semua orang. kita hanya mengerjakan tugas kita sampai selesai dan baik. kita hanya bisa menyenangkan sebagian orang dan membuat tidak senang yang lain. kita harus rela sebagian orang tidak senang dengan apa yang kita lakukan, bahkan kita kita lakukan untuk orang lain. sabar aja. ikuti kata hati kita sendiri dan kata Alloh. insya Alloh benar, tenang dan bahagia.

Mari Berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s