Review Buku Puisi “Hap!” – Andi Gunawan


Karena hari libur adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan buku-buku yang ada di rak buku, Karena setelah pekerjaan akan menanti mungkin kesempatan baca buku akan berkurang dan enggak terlalu fokus. Setelah beberapa waktu sibuk membaca novel-novel, kemarin sempet nemuin buku puisinya Andi Gunawan terbitan Plotpoint. Baru tau juga kalo Plotpoint mengelurkan Buku Puisi Untuk Semua. Karena yang aku tahu, susah banget untuk nemuin buku-buku puisi di Gramedia, atau enggak terlalu banyak penerbit mayor yang mau nerbitin buku puisi (IMHO). Tapi bersyukur banget bisa nemuin buku puisi oleh salah satu penyair yang udah dikenal.

Kali ini Buku Puisi yang berjudul Hap!

HAP!

Judul : Hap!
Penulis : Andi Gunawan
Penerbit : Plotpoint
Tebal : 86 hlm
Terbit : 2014

Kau patahkan hatiku berkali-kali

dan aku tak mengapa.

Hatiku ekor cicak.

—-

Hap! adalah buku kumpulan puisi dari Andi Gunawan yang dikurasi oleh Aan Mansyur, berisi keresahan-keresahan Andi Gunawan tentang banyak hal, utamanya cinta. Sajak-sajak dalam buku ini ditulis dengan bahasa yang tidak rumit, sarat daengan kegelisahan yang malu-malu, ungkapan cinta yang manis, dan humor yang memadai. Itulah kalimat yang tertulis di cover belakang dari buku Hap!.

Memang benar, Puisi-puisi dalam buku ini ditulis secara sederhana, dengan diksi-diksi yang bisa dikatakan bisa di pahami. Kebanyakan bertemakan tentang cinta, seperti banyak puisi-puisi yang ditulis oleh penyair-penyair muda lainnya. Puisi-puisi yang muda dipahami menurut saya. Sebagai pecinta puisi, Puisi-puisi Andi gunawan memang keren.

Beberapa puisi di bukunya menjadi favorit, seperti “Setelah Hujan Reda”, “Beberapa Hal yang Mesti Kau Catat Lalu Kau Baca Saat Kau Merasa Sendiri”, lalu ada “Ganjil.”

Sederhana dan mengena.

Ditunggu karya selanjutnya dari Andi Gunawan.๐Ÿ™‚

91 thoughts on “Review Buku Puisi “Hap!” – Andi Gunawan

  1. Buku di rak yg tersisa buat dibaca cuma nonfiksi doang.
    Tips biar ngerti puisi itu gimana sih? Soalnya suka bingung, apalagi yg antalogi puisi yg sastrawi-sastrawi gitu.

Mari Berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s