Kelas Inspirasi Palembang


Apa sih Kelas Inspirasi itu?

Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita, dengan moto “Bangun mimpi Anak Indonesia.”

Kelas Inspirasi telah di laksanakan hampir di seluruh kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Depok, Pekanbaru, Padang, Samarinda, dll. Dan Palembang, ini adalah yang pertama.

Dimana ada beberapa proses dalam mengikuti Kelas Inspirasi Palembang untuk menjadi Inspirator maupun relawan dokumentasi. Mulai dari Pendaftaran. Lalu pengumuman di siapa saja yang terpilih itu di berikan pada tanggal 1 April yang lalu. Ada lebih dari 50 Inspirator dengan segala macam profesi mereka terpililh dan beberapa relawan dokumentator,ย  Dan saya sendiri menjadi Relawan Fotografer yang akan ikut untuk mendokumentasikan kegiatan Kelas Inspirasi Palembang.

Sebelum Puncak kegiatan KI Palembang yang dilaksanakan tanggal 23 April 2014, sebelum itu di adakan briefing yang berguna untuk menjelaskan semua tentang pelaksanaan KI Palembang pertama dan juga pembagian kelompok. Dalam briefing juga diberikan masukan-masukan serta tips-tips bagaimana bisa menarik perhatian anak-anak. Untuk KI Palembang pertama, ada 6 sekolah dasar yang akan dikunjungi antara lain;

1. MI Quraniah 4

2. MI Quraniah 5

3. MI Hijriyah 1

4. SD Muhammadiyah 117

5. SDN 4 Pemulutan, dan

6. SDN 221 Kertapati

Sayabergabung di Kelompok 6, bersama sang fasilitator yaitu mbak Farisya dan akan mengunjungi Sekolah Dasar Negeri 221 Kertapati Palembang, bersama 9 inspirator lainnya yang terdiri dari :

SONY DSC

SONY DSC

1. Assaidah (Dosen)

2. Maya Susanti ( News Anchor TVRI Nasional )

3. Doni Kurniawan ( Head Chef Lavita Bella )

4. Ahmad Zaki Randi Shariff ( Advocat)

5. Ramdani (Apoteker )

6. Selvi Adelia Am.Keb ( Bidan Pelaksana Ruang Onkology )

7. Ricky S.E ( Owner Calista Music )

8. Venpri Sagara ( Engineer )

9. Linda Sintia Dewi Siahaan ( Program Manager Indonesia )

Sebelum Hari Inspirasi datang, kami dari kelomok 6 setuju untuk melakukan Observasi ke SDN 221 Palembang. Untuk berdiskusi lebih lanjut dengan Ibu Kepala Sekolah, lalu juga melihat ruang-ruang kelas yang akan dipakai untuk mengajar serta kita juga membahas tentang persiapan yang akan dilakukan.

Tanggal 23 April, Hari Inspirasi dimulai. Semua Inspirator di KI Palembang telah siap mengajar, khususnya di kelompok 6. Para Inspirator siap mengajar dan mereka memakai pakaian yang mencerminkan pekerjaan mereka sendiri seperti Pak Doni yang memakai pakaian Chef.

SONY DSC

SONY DSC

Meski sempat susah diatur ketika pembukaan, namun mereka ternyata sangat antusias dalam memperhatikan para inspirator dalam mengajar. Mereka sangat penasaran dengan pekerjaan-pekerjaan yang ditekuni oleh para Inspirator.

SONY DSC

SONY DSC

Yang saya lihat ketika waktu inspirator mengajar adalah banyak sekali hal-hal disana. Ada yang serius memperhatikan, ada yang diam saja, ada yang main-main sendiri, ada yang sangat antusias. Begitulah anak-anak itu. Meski demikian anak-anak sangat menyambut baik para Inspirator. Banyak anak yang menyukai mereka hingga ingin para Inspirator mengajar mereka kembali. Mereka sangat senang, minta tanda tangan para inspirator. Kelas inspirasi mungkin bisa memberikan mereka pengalaman baru baik anak-anak maupun para inspirator.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Di akhir kegiatan, anak-anak menuliskan cita-cita mereka di sebuah kertas yang berbentuk daun yang akan ditempelkan pada pohon cita-cita. Itu adalah sebagai bentuk harapan dan juga kenang-kenangan atas apa yang mereka dapatkan dan inginkan. Semoga harapan dalam pohon cita-cita mereka dapat tumbuh dengan indah.
SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Salah satu inspirator di Kelompok 6 Kelas Inspirasi, Mas Doni mengatakan bahwa ia berharap anak-anak itu akan jadi lebih baik dan kualitas pendidikan bisa jadi lebih bagus. Mas Doni juga mengatakan bahwa banyak hal yang ia rasakan, mulai dari senang, kesel seru dan lain-lain, bahkan mas Doni siap untuk menjadi Inspirator kembali.

Begitu juga dengan perwakilan dari SDN 221 Palembang, Beliau sangat senang sekali Kelas Inspirasi hadir untuk memberikan pelajaran baru bagi anak-anak, dan beliau sangat berharap kegiatan seperti ini akan terus berjalan.

SONY DSCย  SONY DSC

SONY DSC

Tak cukup rasanya satu hari memberikan inspirasi buat anak-anak yang punya masa depan lebih baik, karena kita harus bangun mimpi-mimpi dan harapan mereka. Terima kasih banyak buat para Inspirator yang sangat menginspirasi, dan juga kepada Fasilitator Kelas Inspirasi khususnya Kelompok 6 yang telah berjuang dengan keras. Semoga usaha kita buat anak-anak akan sangat bermanfaat,๐Ÿ˜€

Palembang, 23 April 2014

This slideshow requires JavaScript.

 

_dyazafryan_

45 thoughts on “Kelas Inspirasi Palembang

  1. Pingback: Wordpress Blogs - Wordpress Blogs .NET

  2. mas jd relawan juga ya? selamat ya mas๐Ÿ™‚
    saya juga terpilih jd relawan dokumentasi, acaranya keren banget. ngga cukup kalau cuma satu hari. hehehe
    KI Yogya ditutup oleh pak anies baswedan, mas

Mari Berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s