Jurnal Poetica : Mengenal Beberapa Bahasa Figuratif


Materi dalam kelas poetica hari sabtu, 13 April 2013 membahas mengenai Bahasa Figuratif.

Bahasa figuratif atau yang sering disebut dengan majas adalah sebuah bahasa kiasan atau makna yang tak sebenarnya. Banyak sekali contoh-contoh majas tersebut, seperti ironi, hiperbola, litotes dan lainnya. Pada kesempatan ini saya akan merangkum 4 contoh bahasa figuratif yaitu Alegori, Simile, Metaphora dan Personifikasi.

1. Alegori

Alegori adalah suatu majas yang menyatakan dengan cara lain, melalui kiasan atau penggambaran. Biasanya dengan cara menggambarkan atau mengiaskan sesuatu melalui karakter alam atau apa yang ada di alam.

Contoh 1: 
Perjalanan hidup manusia seperti sungai yang mengalir menyusuri tebing- tebing, yang kadang-kadang sulit ditebak kedalamannya, yang rela menerima segala sampah, dan yang pada akhirnya berhenti ketika bertemu dengan laut. Perjalanan hidup digambarkan dengan proses mengalirnya air dari sungai ke laut.

Contoh 2:

Menikah itu seperti mengarungi bahtera rapuh di tengah lautan yang penuh akan riak ombak dan hal menegangkan lainnya. Jika kita tak berhati-hati, bisa salah arah dan tak tahu jalan pulang. Atau, jika kurang kuat, kapal bisa saja hancur lebih diterjang ombak ganas di laut. Menguatkan kapal dan memperbaharui kualitas nahkoda adalah jalan terbaik untuk bertahan.
Menikah —> Bahtera di lautan
Kita menggambarkan bahwa menikah tidaklah selalu ‘senang’ saja, orang yang menikah seperti bahtera di lautan. Bisa menemui banyak rintangan dan cobaan

2. Simile

Sebuah pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata depan dan penghubung, seperti layaknya, bagaikan, umpama, ibarat, bak, bagai. Kita mengungkapkan langsung dengan ‘membandingkan’ A dan B langsung, tapi diselingi dulu dengan kata seperti, layaknya dll.

contoh: 

– Wajahmu bagaikan rembulan yang bersinar di malam hari.

– Gadis itu bagaikan bunga mawar yang baru mekar.

– Hubungan kita layaknya minyak dan air.

 

Bedanya alegori dan simile terlihat dari eksplisit atau tidaknya penggambaran yang kita berikan. Di Alegori, penggambaran dari yang kita bandingkan itu implisit dan lebih berkenaan dengan apa-apa yang ada di alam tadi. Sementara di simile, langsung dibandingkan.

contoh: 

– Hatinya lembut bagaikan salju – simile

Hatinya lembut langsung digambarkan dengan ‘salju’. Tanpa memberikan informasi tambahan mengenai karakteristik/sifat2 salju seperti di alegori. Kalau di Alegori, kita membawa sifat2 dan karakteristik alam tadi dengan perbandingan yang kita buat.

 

3. Metaphor

Berasala dari dua kata Meta: menggambarkan perubahan, dan phor berasal dari kata pherein yang berarti membawa.

Metaphor = membawa perubahan, membawa makna baru.

Metafora membuat sebuah perbandingan, tapi tidak menggunakan kata-kata: seperti, laksana, bak.

contoh:

– Lintah Darat, Kupu-kupu Malam.
– Kamu adalah belahan jantung hatiku.

 

4. Personifikasi

Pengungkapan dengan menggunakan perilaku manusia yang diberikan kepada sesuatu yang bukan manusia. Atau dengan kata lain kita beranggapan bahwa suatu benda itu hidup.

contoh :

– Hujan itu menari-nari diatas genting
– Hembusan angin itu sangat kencang seperti ingin membawa ku pergi jauh dari sini.
– Kereta api tua itu meraung-raung ditengah kesunyian malam

 

Sekian sedikit penjelasan tentang majas Alegori, Simile, Metaphor dan Personifikasi. Semoga bisa dimengerti dan menambah sedikit wawasan dalam hidup kita, dan menambah ilmu baru dalam penulisan kita semua. Selamat bertemu dalam jurnal-jurnal Poetica selanjutnya.

_dyazafryan_

 

14 thoughts on “Jurnal Poetica : Mengenal Beberapa Bahasa Figuratif

Mari Berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s