Porphyria – “penyakit vampir”


hiii..semua ketemu lagi nih…hihihi

dalam postingan sebelumnya, dalam buku “last carousel” nya Didakus pindho, ada cerita mengenai windca yang mengidap penyakit aneh dan langka yang bernama Porphria atau suka disebut penyakit vampir. Nah, buat nambah ilmu dikit walaupun bahasan agak ke dokteran dan agak bosen..kita sama2 tau yuk..

nih penjelasan nya yang aku dapet dari om google..:

                      Istilah porphyria diambil dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Porphura” yg artinya ungu. Disebut Porphyria soalnya penderita kelainan ini bkl punya kulit yg berwarna ungu. Ini krna heme yg ngga sempurna menumpuk di kulitnya dan bikin darah di sekitar kulit kekurangan oksigen.

Porphyria biasanya adalah penyakit turunan. Tp bkn ngga mungkin kelainan ini jg bisa disebabkan gara2 penggunaan obat2an tertentu dan minum alkohol secara brlebihan.

Apa tandanya seseorang mengidap Porphyria? Yg pasti kulit orang itu akan sensitif jika terkena sinar matahari. Krna akibat kekurangan oksigen dlm darah, kulit mudah rapuh dan rusak bila terkena sinar matahari. Kemudian Porphyria jg bisa bikin urine berwarna merah dan gigi keliatan lbh mngkilap jika trkena sinar ultraviolet.

Parahnya, seprti yg ditulis di sebuah buku ilmiah berjudul Proceedings of the Royal Society of Medicine (1964), kebutuhan darah penderita Porphyria ini ngga cukup cuma lwt transfusi darah. Dan jalan terbaik memenuhi kebutuhan darah bagi penderita penyakit ini adalah dgn cara meminum darah secara langsung. Krna darah akan masuk ke sistem pencernaan dan diuraikan masuk ke dalam aliran darah. 

Abnormalitas biosintesis heme menimbulkan gangguan yang dikenal dengan porfiria. Pada porfiria terjadi peningkatan ekskresi porfirin atau prazat porfirin. Kelainan ini jarang terjadi. Porfiria dibagi dalam 2 golongan besar yaitu : (1) Porfiria herediter; (2) Porfiria didapat (acquired porphyria). Organ atau sel yang paling banyak terkena pada porfiria umumnya merupakan organ atau sel yang aktif menyintesis heme seperti sumsum tulang dan hati. Oleh karena itu porfiria juga sering diklasifikasikan berdasarkan organ atau sel yang terkena yaitu porfiria eritropoetik dan hepatik.

bisa dibilang penyakit ini adalah penyakit langka dan juga aneh..

sebenarnya ada gambarnya sih tapi kayak aneh dan serem..jadi g dimasukin..hihihihi..

_dyazafryan_

2 thoughts on “Porphyria – “penyakit vampir”

Mari Berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s