Porphyria – “penyakit vampir”

hiii..semua ketemu lagi nih…hihihi

dalam postingan sebelumnya, dalam buku “last carousel” nya Didakus pindho, ada cerita mengenai windca yang mengidap penyakit aneh dan langka yang bernama Porphria atau suka disebut penyakit vampir. Nah, buat nambah ilmu dikit walaupun bahasan agak ke dokteran dan agak bosen..kita sama2 tau yuk..

nih penjelasan nya yang aku dapet dari om google..:

                      Istilah porphyria diambil dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Porphura” yg artinya ungu. Disebut Porphyria soalnya penderita kelainan ini bkl punya kulit yg berwarna ungu. Ini krna heme yg ngga sempurna menumpuk di kulitnya dan bikin darah di sekitar kulit kekurangan oksigen.

Porphyria biasanya adalah penyakit turunan. Tp bkn ngga mungkin kelainan ini jg bisa disebabkan gara2 penggunaan obat2an tertentu dan minum alkohol secara brlebihan.

Apa tandanya seseorang mengidap Porphyria? Yg pasti kulit orang itu akan sensitif jika terkena sinar matahari. Krna akibat kekurangan oksigen dlm darah, kulit mudah rapuh dan rusak bila terkena sinar matahari. Kemudian Porphyria jg bisa bikin urine berwarna merah dan gigi keliatan lbh mngkilap jika trkena sinar ultraviolet.

Parahnya, seprti yg ditulis di sebuah buku ilmiah berjudul Proceedings of the Royal Society of Medicine (1964), kebutuhan darah penderita Porphyria ini ngga cukup cuma lwt transfusi darah. Dan jalan terbaik memenuhi kebutuhan darah bagi penderita penyakit ini adalah dgn cara meminum darah secara langsung. Krna darah akan masuk ke sistem pencernaan dan diuraikan masuk ke dalam aliran darah. 

Abnormalitas biosintesis heme menimbulkan gangguan yang dikenal dengan porfiria. Pada porfiria terjadi peningkatan ekskresi porfirin atau prazat porfirin. Kelainan ini jarang terjadi. Porfiria dibagi dalam 2 golongan besar yaitu : (1) Porfiria herediter; (2) Porfiria didapat (acquired porphyria). Organ atau sel yang paling banyak terkena pada porfiria umumnya merupakan organ atau sel yang aktif menyintesis heme seperti sumsum tulang dan hati. Oleh karena itu porfiria juga sering diklasifikasikan berdasarkan organ atau sel yang terkena yaitu porfiria eritropoetik dan hepatik.

bisa dibilang penyakit ini adalah penyakit langka dan juga aneh..

sebenarnya ada gambarnya sih tapi kayak aneh dan serem..jadi g dimasukin..hihihihi..

_dyazafryan_

LAST CAROUSEL – “putaran terakhir yang tak kau harapkan”

Last Carousel – putaran terakhir yang kau harapkan.

Buku karangan Didakus Pindho:2011..
Terdiri atas 5 bab..
Prolog, Menyapu Kesunyian Pagi, Kau bawa aku terbang dan berenang, Berdiri memecah batu yang kokoh, dan Epilog.

Buku ini lebih memberikan gambran tentang kehidupan dan cara bersyukur, dibalik kesusahan akan ada kemudahan dalam segala hal.. Berikut ini adalah ceritanya…

Selamat menyimak… 🙂

Grasmo,seorang loper koran yang hidup berduaa bersama adiknya,ditinggalkan orang tua yang telah mendahului mereka.. Dan grasmo menjadi tulang punggung keluarga dan menjadi orang yang setia mengantarkan koran kepada pelanggannya setiap pagi..

Sampai suatu ketika grasmo terpana dengan seorang wanita yang jadi pelanggannya..

Perkenalan terjadi saat grasmo pingsan tertabrak penjual balon karena terpanah melihat senyuman wanita tersebut yang akhirnya menolong grasmo..
Grasmo berniat membalasnya dengan memberikan bunga..tetapi dengan diam2..

Sampai tiba ketika grasmo mengantar koran dirumah wanita tersebut,dan wanita tersebut yang menerimanya..dan perkenalan terjadi, wanita itu bernama windca
Lebih mengakrabkan diri,mereka akan malam bersama..
Ngobrol..bercerita tentang masing2..dan kehidupan mereka masing2..

Malam itu adalah malam awal kedekatan mereka yang semakin lama menjadi lebih dekat.. Sampai windca pun telah menjadi bagian hidup grasmo..
Mereka pun membuat sebuah buku harian mereka sendiri yang berisi tentang perasaan mereke yang berjudul moca’s diary..

Sampai akhirnya..saat ingin mengungkapkan perasaannya ke windca,sebuah kenyataan harus diterima grasmo.bahwa windca harus pergi ke raja ampat untuk mengaplikasikan ilmunya disana.dan windcapun telah tau dengan perasaan grasmo.windca menyuruh grasmo untuk menghilangkan perasaan yang grasmo rasaakan ke windca..
Tapi grasmo tak bisa menutupi rasa sayangnya ke windca.walapun ditolak..kedekatan mereka akan tetap ada..

Ternyata windca mengidap suatu penyakit yang disebut PORPHYRIA,suatu kelainan pada proses biosintesis heme,bagian dari hemoglobin,blaa..blaa.. Yang biasa disebut penyakit vampir,tidak tahan pada sinar matahari yang terlalu lama. Itu yang membuat pertemuan mereka semakin berkurang..
Sampai windca pun harus ke raja ampat kembali kepada keluarganya dan pergi meninggalkan grasmo tanpa kata2..hanya meninggalkan pesan dalam diary mereka.. Ini penggalannya..

“Meski kita jauh,segala kehidupan kita sebenarnya masih disatukan tuhan…..”

Grasmo yang telah sayang dengan windca dan telah menemukan jodohnya.berniat datang ke raja ampat untuk bertemu windca..dan kesempatan itu datang..
Grasmo meninggalkan jogja dan adiknya serta pekerjaanya..dan pergi ke raja ampat..

Disana dia mengembara dan tinggal di rumahh pak maleo yang senantiasa membantunya.sampai dia bertemu windca..yang ternyata akan dijodohkan.

Mereka bercerita2..dan grasmo berniat mengajak windca ke jakarta untuk berlibur..dan bersenang senang,krena windca tertekan dengan perjodohannya..

Sampai tibanya mereka dijakarta dan ke dufan..mereka bersenang2..dan suatu kejadian buruk terjadi..

Banyak polisi datang,dan menangkap grasmo,karena dituduh menculik windca dari keluarganya.
Dan grasmo pun harus dipenjara oleh karena nya..

Tapi disinilah awal dari kesuksesannya sebagai penulis..bermula dari obrolanya bersama sang sipir,serta para napi lain yang menyiksanya dan kemudian jadi teman bercerita dan teman baik selama dipenjara..dari kesusahanya dpenjara dan bantuan temannya gerry,ada penerbit yang mau membeli ceritanya..dan sampai grasmo pun keluar dari penjara karena dibuktikan tidak bersalah..

Kini dia telah berhasil menjadi penulis..yang sampai dia terkenalpun..dia tidak lagi bertemu dengan windca..yang telah merubah kehidupannya..jadi lebih berwarna..

Banyak hikmah yang bisa kita dapet dari buku ini.. Dan saya pun akan memberikannya pada pembaca sekalian..hikmah tentang kehidupan dan banyak hal..

Banyak belajar untuk mengasihi orang lain walaupun kita sering disakiti orang lain,tidak mudah terpancing emosi.

“Ular itu berjalan lurus kedepan,tetapi badanya berliku-liku kekanan dan kekiri.seperti hidup kita yang tak akan pernah lurus.kita mengalami liku2 kehidupan ,kita mengalami pasang surut semangat,mengalami berbagai macam perubahan rencana,tetapi visi kita,cita-cita dan mimpi didepan mata harus tetap kita kejar”

“Berhentilah merendahkan dirimu dan tegakanlah kepalamu,bahwa kamu memiliki dunia dalam pikiranmu.kau tak perlu ke jepang agar kau tau jepang. Dan kau tak perlu membunuh untuk tau kesedihan seseorang saat orang lain terbnuh”

Dan masih banyak lagi hikmah dan pembelajaran yang bisa kita dapetin..

Oke deh..sekian dulu pembahasan buku ini..
Untuk lebih jelasnya..kamu2 dapet beli buku ini di toko buku kesayanagn anda ya..hehehe…

Jangan g ya..buku inspiratif banget…

_dyazafryan_